Conscience of A Cop

Gagal di maki, Berhasil tak dipuji

Sekilas Lalu Perjalananku

Posted by uways pada November 11, 2008

Namaku Muhammad Uways Azizi. Temen2 ada yang panggil aku ways, zizi,atau bahkan UWIS. But, i’m enjoying it…haha…

Lahir pada tanggal 25 Juli 1988 di sebuah kampung bernama Ngetos ( aNget+aTos )—apaan tuh???— di Kota Magelang dari Keluarga pas2an. Ayah seorang petani kecil, sedangkan ibu hanya ibu rumah tangga biasa. Tapi alhamdulillah aku mendapat didikan yang sangat baik dari orang tuaku. [ makasih ayah,makasih ibu ]

Sekira tahun 1997,ibuku tercinta meninggal dunia karena kanker. Saat itu adikku masih kecil2,aku aja masi kelas 5 SD. Adikku 3 orang,aku kasihan melihat mereka. Terlebih ayahku yang harus menghidupi anaknya yang masi ingusan semua. Merasa kewalahan mengurusi anakny seorang diri, ayahku memutuskan untuk menikah lagi. Dan yang dinikahi ternyata kakak kelasku waktu masi SD dulu,yang hanya selisih 5 tahun dari aku.(ayahku emng ganteng sih kayak aku,hehehe…)

Lulus SD 2000,aku melanjutkan study ke kediri. Biar mengurangi beban ayahku dan sekalian menemani kakek-nenekku yang tinggal berdua aja dirumah. Kakekku tiap pagi cari rumput buat seekor sapi kesayangannya,sedangkan nenekku jualan kerupuk dipasar. Kadang tiap sore aku bantu cari rumput kakekku, kalu malam bantuin bungkusin kerupuk. Aku dikenal pendiam di kalangan sekolah, gak terlalu banyak ngomong. Tapi katanya smart sih (nyombongin dikit gpp kan,hehehe…)

SMP di desa,aku melanjutkan pencarian ilmu kanuraganku ke kota. Akhirnya aku masuk di SMAN 1 Kediri, salah satu SMA favorit di kotaku. Mulai SMA itulah aku mengenal yang namanya internet. waktu itu aku cuma chatting di MIRC,dan browsing situs2 gak jelas,hehehe….Sering kali aku liat iklan2 bisnis internet,tapi aku kagak ngerti apa maksunya [jadi mls deh]

SMA memang the sweetest moment ever…gag kan pernah kulupakan,walaupun kini harus ku tinggalkan. Lulus SMA aku gak tau mau kemana,yang jelas kalu kuliah gak ada biaya. Pernah Sekali aku daftar STAN,tapi akhirnya gak di izinin juga ( biaya darimana????)

Desember 2006 tanggal 5,aku dapat telpon dari ayahku [lewat telpon tetangga] nyuruh aku buat daftar di Kepolisian [duit darimana pak???]. Ayahku tetep mendesak aku bwt daftar,akhirnya aku daftar juga. Berangkat menggunakan Honda STAR ’94 + uang bensin (tanpa uang jajan)aku memberanikan diri untuk masuk ke kantor polisi. Aku ambil formulir, fotokopi ini-itu, cari surat ini-itu,dst. Tes demi tes ku lalui,alhamdulillah akademik ku dapat ranking 1,jadi untuk tes2 berikutnya gak terlalu berat buatku.[alhamdulillah]

Tanggal 3 Maret 2007,berangkatlah 70 orang kepala botak dari Kediri ke Mojokerto.
Tanggal 25 Juli 2007,bertepatan dengan hari ulangtahunku yang ke-19,aku dinyatakan lulus sebagai anggota Polri berpangkat terendah dan belum punya kewenangan penuh. Karena masih ada 1 tahapan lagi yang harus ku lalui, MAGANG. Berharap penempatan di Kediri, aku terdepak ke Madiun [betapa malang nasibku] Sekali lagi aku harus jauh dari orang2 yang kusayangi[kake-nenek].

Desember 2007,magang pun selesai. Tugas pertamaku adalah Madiun – sekarang… Jika Alloh mengizinkan,suatu saat aku ingin pindah ke Kediri…amiinnn….

5 Tanggapan to “Sekilas Lalu Perjalananku”

  1. Anonymous said

    kenapa aku suka ya baca kisahmu..
    semangat wess..
    kamu kudu banyak2 bersyukur..

  2. Dwi said

    Ways yg sbr yach,meski di madiun nda ada family,xm bs jdkn tmen2 xm jd saudramu.ax jg kn shbt xm,jd xm nda blh ngrasa sndri dmadiun,.yg pnting xm nda lupa ma kluarga dah ckup.
    jdkn smua ksdihan yg ada sbgai kunci xm melangkah k dpn agr sukses..

  3. Riza said

    smangad,,, smangad,,,
    jd cowox jng lembek…!!!!!!!!
    kayak aq dunk. yg jantan n tangguh. hahahahaha…

    peaceeeee,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  4. KaRin said

    Hallo uwais..
    Aku barusan baca kisahmu , aku ngerti gmana kira2 rasanya kita kalau hidup tanpa orang yang kita sayang atau dekat dengan kita. Merantau ke daerah orang , sedih mungkin……. tapi,, itulah hidup.
    Kadang dalam hidup ga seperti yang kita inginkan, tapi kita harus berusaha untuk tetap semangat. Kalo ingat orang tua yang uda susah payah biayai kita pasti kita ga ingin mengecewakan mereka, dari situlah ada kekuatan untuk tetap tegar. Aku yakin lama kelamaan atau mungkin uda kamu dah bisa menyesuaikan diri di Madiun. Kediri madiun kan juga ga jauh cuma 2 jam, kalo pas kangen sma 1 atau kangen kantin sma ,kangen guru , atau kangen sRI RaTu dan Golden mungkin, km bisa maen maen sebentar . So,lanjutin pejuanganmu, Semangat terus ya.

  5. Ririn said

    ragu ragu mundur….
    klo dr awal dah mutusin untuk maju…jangan pernah berfikir untuk menyesalinya……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: